Laman

28 Agustus 2013

Anti Virus

Apakah anti virus itu? Antivirus adalah software tools yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi virus pada suatu system/pc dan juga tools yang digunakan untuk mencari file yang dicurigai sebagai virus. Dari definisi tersebut sudah jelas bahwa antivirus itu hanyalah peralatan. Antivirus bukanlah dewa yang maha bisa. Seperti pada peralatan lain misalnya cangkul gak akan berguna kalo kita tidak bisa menggunakan dan tidak kita gunakan. cangkul tidak akan mencangkul dengan sendirinya kalo kita biarkan saja. Begitu juga antivirus meskipun sudah semi otomatis tetep tidak akan efektif kalo kita tidak tau cara memakainya.

Sebelum menginstall antivirus pastikan terlebih dahulu pc/system anda bebas dari virus. kalo sudah terinfeksi virus maka terlambat. virus biasanya akan menginfeksi file2 system dan kalo itu sudah terjadi maka antivirus anda tidak akan berguna. karena akan terjadi konflik saat pembersihan virus, tidak semua file bisa dibersihkan dengan sempurna oleh antivirus dan tidak semua thread system yang terinfeksi bisa di nonaktifkan karena akan mengalami kegagalan system.

Cara membersihkan virus yang sudah menginfeksi system adalah dengan cara boot dari cd live atau system yg masih bersih kemudian lakukan scanning. jika file system yg terinfeksi tidak bisa diselamatkan lagi maka satu2nya jalan adalah install ulang. selamatkan file2 data anda sebelum menginstall dan scan pastikan file2 anda bersih, relakan saja file2 yang sudah terinfeksi untuk dihapus jika tidak bisa dibersihkan. install kembali pc anda, install antivirus dan baru kemudian kembalikan file2 data anda dari backupan yang sudah dibuat.

Untuk mencegah terinfeksi virus jangan sembarangan membuka file aplikasi/exe. scan terlebih dahulu dengan antivirus untuk memastikan file exe tersebut memang bersih. Jangan lupa selalu update database antivirus kamu biar antivirusnya mengenali virus2 jenis baru.

semoga tulisan singkat ini bisa membantu para pembaca dalam memerangi virus.

0 Komentar: